Inilah Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Kunyit masih satu keluarga dengan jahe atau kencur, kunyit juga termasuk salah satu bumbu dapur yang populer di Indonesia. Nama lain tanaman rempah ini adalah kunir (jawa),koneng (sunda), Janar (Banjar), atau Konyet (Madura). Di luar negeri, Kunyit di kenal dengan sebutan turmeric (Inggris) dan Kurkuma (Belanda).




Kunyit merupakan tanaman asli Asia Tenggara . Pada perkembangannya kemudian, persebaran kunyit meluas lintas benua , dari Australia, Asia, hingga Afrika . Bagi bangsa-bangsa yang gemar memakai banyak rempah dalam kuliner khasnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, maupun India, kunyit menjadi salah satu bumbu yang tak boleh di lupakan .


Manfaat
Bukan sekadar bumbu biasa, kunyit mengandung khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan , seperti mendinginkan badan , membersihkan lambung, melepaskan kelebihan gas di usus, menghentikan pendarahan, juga mencegah penggumpalan darah.

kunyit juga sangat baik bagi ibu hamil . Jika secara teratur mengkonsumsi kunyit, maka bayi yang di lahirkan nanti akan lebih bersih dari lemak-lemak yang biasa menutupi tubuh janin . Selain itu, ramuan kunyit juga bisa untuk menyembuhkan flu atau demam bagi ibu hamil yang sangat riskan bila mengkonsumsi obat-obatan kimia .

Tak hanya untuk obat dalam, kunyit juga sangat mujarab untuk digunakan sebagai obat luar , kunyit juga bisa dijadikan untuk obat anti gatal, anti septik, anti kejang, mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, serta bisa digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan otot terkilir, juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung tersumbat.


Minuman Kunyit Asam

Bahan :

150 gram kunyit
80 gram asam jawa
130 gram gula jawa
80 gram gula pasir
garam secukupnya
satu liter air
Cara membuat :

Kunyit di parut, peras airnya, endapkan, diamkan sejenak.
Sementara itu, pisahkan biji asam dari dagingnya .
Aduk daging asam tersebut dengan sedikit air
Campur air asam dan air kunyit di dalam kuali bersama gula pasir dan garam, rebus hingga agak kental, kemudian disaring .
Kunyit asam siap untuk diminum dengan menambahkan madu sesuai selera.

Sumber: www.reportaseterkini.com

Subscribe to receive free email updates: